Bisnis
online merupakan satu dari sekian banyak bisnis yang menawarkan berbagai
kemudahan dalam menjalannya serta menjanjikan keuntungan yang tanpa batas
karena keunggulan yang dimilikinya dibandingkan jenis bisnis lain.
Bisnis
online akan berjalan lancar dengan penghasilan yang semakin meroket jika kita
sebagai pemilik bisnis online tersebut tahu cara-cara jitu untuk menggaet
pelanggan untuk membeli produk kita.
Berikut
7 trik jitu yang terbukti berhasil dalam menjalankan usaha online.
Promosi dari mulut ke mulut
Promosi
secara lisan dari mulut ke mulut sering diabaikan oleh si pemilik bisnis.
Memang hal ini tergolong promosi manual
dan jadul namun akan sangat membantu media promosi lainnya untuk menambah
pelanggan. Promosi dari mulut ke mulut ini perlu dilakukan untuk memperkenalkan
usaha kita kepada mereka yang tidak melek teknologi misalnya. Selain murah dan
gratis, promosi jenis ini juga tidak memerlukan waktu yang khusus. Kita cukup
melakukannya pada saat acara-acara tertentu dan kepada orang terdekat kita
terlebih dahulu seperti kerabat dan keluarga, dan biasanya promosi ini akan
berlanjut kepada orang lain lagi jika konsumen yang sudah membeli produk kita
merasa puas dengan apa yang kita jual ataupun dengan hasil pelayanan kita yang
memuaskan mereka.
Promosi melalui media sosial
Mau
tidak mau pemilik bisnis harus orang yang melek teknologi. Bagaimana tidak
karena hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap maju atau tidaknya suatu usaha. Semakin hari
dunia semakin modern, pengguna media sosial mewabah dari anak-anak hingga orang
dewasa. Media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat secara umum. Kebanyakan
dari masyarakat mengakui bahwa tidak ada hari tanpa menatap layar handphone
untuk sekedar mengecek sosial media yang ada, walaupun hal ini tidak
menghasilkan apa-apa bagi mereka. Ini adalah peluang kita sebagai pemilik
bisnis untuk mempromosikan usaha kita. Media sosial yang digunakan bisa
facebook, instagram, line, google plus dan blog.
Update produk terbaru
Update
produk terbaru sangat penting dilakukan agar bisnis online terlihat aktif.
Update produk terbaru yang sesuai tren juga sangat dianjurkan karena hanya
sedikit orang bahkan mungkin tidak ada yang suka dengan hal-hal yang sudah kadarluarsa atau ketinggalan jaman. Produk dari
bisnis online yang mengikuti perkembangan jaman tentunya akan sangat ramai
dikunjungi oleh pelanggan dari pada yang tidak up to date.
Jangan abaikan kualitas gambar produk yang dipajang
Kebanyakan
produk yang dijual secara online adalah
dengan menggunakan foto dari barang yang sedang dipasarkan. Kualitas dari
barang menjadi hal penting untuk diperhatikan karena foto tersebut
mempresentasikan kualitas dan keaslian dari barang yang dijual. Jangan sampai
foto yang dipajang berbeda dengan produk yang dijual. Keindahan dalam
pengambilan gambar produk juga perlu diperhatikan seperti pencahayaan, ukuran
gambar dan kamera yang digunakan untuk memotret produk. Tentunya dalam hal ini
kita sebagai pemilik bisnis harus belajar tentang teknik-teknik photographi
dan pengambilan gambar secara benar atau
mempekerjakan orang yang ahli dibidang ini.
Deskripsi barang harus jelas
Setelah
memajang foto dari produk yang dijual, penjelasan atau deskripsi barang juga
harus benar-benar diperhatikan karena dari deksripsi tersebutlah sangat
mempengaruhi tingkat ketertarikan konsumen nantinya. Jangan sampai barang yang
aslinya dijual berbeda dengan deskripsi barang yang dijual. Semakin detail
penjelasan produk akan semakin baik. Penjelasan biasanya meliputi jumlah stok,
pilihan warna, ukuran (panjang, lebar, tinggi, diameter).
Jalin komunikasi dengan pelanggan
Menjalin
komunikasi dengan pelanggan sangat perlu dilakukan karena akan berpengaruh pada
pembelian selanjutnya. Sekedar menyanyakan tentang kualitas barang yang sudah
dibeli dan kedatangan barang yang dikirim akan menjadi masukan kita sebagai
pemilik bisnis online untuk perbaikan kedepannya. Selain itu menjalin
komunikasi juga perlu dilakukan untuk menarik perhatian konsumen sehingga kita
terksesan menghargai konsumen dan bisa saja mereka menjadi pelanggan setia
usaha kita.
Testimonial
Ada istilah yang mengatakan bahwa tanpa
screenshoot is HOAX. Pernyataan tanpa bukti adalah palsu dan tidak bisa
dipercaya. Testimonial dapat berupa screenshoot komentar pelanggan terhadap
kepuasannya berbelanja pada toko online kita. Testimonial dapat diberikan
secara alami oleh pelanggan dapat juga diperoleh dengan cara kita sebagai
pemilik bisnis meminta pendapat mereka setelah melakukan transaksi di bisnis
online kita. Tertimonial alami artinya konsumen memberikan sendiri pendapat
mereka tanpa diminta. Bukti testimonial juga dapat menggaet pelanggan lainnya
karena testimonial merupakan bukti nyata dari konsumen terhadap kualitas produk dan
layanan jasa yang telah berlangsung


0 komentar:
Post a Comment