Home » , » 7 Kiat Promosi Untuk Bisnis Online yang Terbukti Ampuh

7 Kiat Promosi Untuk Bisnis Online yang Terbukti Ampuh

7 Kiat Promosi Berjualan Online Yang Terbukti Ampuh

Bisnis online merupakan satu dari sekian banyak bisnis yang menawarkan berbagai kemudahan dalam menjalannya serta menjanjikan keuntungan yang tanpa batas karena keunggulan yang dimilikinya dibandingkan jenis bisnis lain.

Bisnis online akan berjalan lancar dengan penghasilan yang semakin meroket jika kita sebagai pemilik bisnis online tersebut tahu cara-cara jitu untuk menggaet pelanggan untuk membeli produk kita.

Berikut 7 trik jitu yang terbukti berhasil dalam menjalankan usaha  online.

Promosi dari mulut ke mulut

Promosi secara lisan dari mulut ke mulut sering diabaikan oleh si pemilik bisnis. Memang hal ini tergolong promosi  manual dan jadul namun akan sangat membantu media promosi lainnya untuk menambah pelanggan. Promosi dari mulut ke mulut ini perlu dilakukan untuk memperkenalkan usaha kita kepada mereka yang tidak melek teknologi misalnya. Selain murah dan gratis, promosi jenis ini juga tidak memerlukan waktu yang khusus. Kita cukup melakukannya pada saat acara-acara tertentu dan kepada orang terdekat kita terlebih dahulu seperti kerabat dan keluarga, dan biasanya promosi ini akan berlanjut kepada orang lain lagi jika konsumen yang sudah membeli produk kita merasa puas dengan apa yang kita jual ataupun dengan hasil pelayanan kita yang memuaskan mereka.

Promosi melalui media sosial

Mau tidak mau pemilik bisnis harus orang yang melek teknologi. Bagaimana tidak karena hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap  maju atau tidaknya suatu usaha. Semakin hari dunia semakin modern, pengguna media sosial mewabah dari anak-anak hingga orang dewasa. Media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat secara umum. Kebanyakan dari masyarakat mengakui bahwa tidak ada hari tanpa menatap layar handphone untuk sekedar mengecek sosial media yang ada, walaupun hal ini tidak menghasilkan apa-apa bagi mereka. Ini adalah peluang kita sebagai pemilik bisnis untuk mempromosikan usaha kita. Media sosial yang digunakan bisa facebook, instagram, line, google plus dan blog.

Update produk terbaru

Update produk terbaru sangat penting dilakukan agar bisnis online terlihat aktif. Update produk terbaru yang sesuai tren juga sangat dianjurkan karena hanya sedikit orang bahkan mungkin tidak ada yang suka dengan hal-hal yang sudah  kadarluarsa atau ketinggalan jaman. Produk dari bisnis online yang mengikuti perkembangan jaman tentunya akan sangat ramai dikunjungi oleh pelanggan dari pada yang tidak up to date.

Jangan abaikan kualitas gambar produk yang dipajang

Kebanyakan  produk yang dijual secara online adalah dengan menggunakan foto dari barang yang sedang dipasarkan. Kualitas dari barang menjadi hal penting untuk diperhatikan karena foto tersebut mempresentasikan kualitas dan keaslian dari barang yang dijual. Jangan sampai foto yang dipajang berbeda dengan produk yang dijual. Keindahan dalam pengambilan gambar produk juga perlu diperhatikan seperti pencahayaan, ukuran gambar dan kamera yang digunakan untuk memotret produk. Tentunya dalam hal ini kita sebagai pemilik bisnis harus belajar tentang teknik-teknik photographi dan  pengambilan gambar secara benar atau mempekerjakan orang yang ahli dibidang ini.

Deskripsi barang harus jelas

Setelah memajang foto dari produk yang dijual, penjelasan atau deskripsi barang juga harus benar-benar diperhatikan karena dari deksripsi tersebutlah sangat mempengaruhi tingkat ketertarikan konsumen nantinya. Jangan sampai barang yang aslinya dijual berbeda dengan deskripsi barang yang dijual. Semakin detail penjelasan produk akan semakin baik. Penjelasan biasanya meliputi jumlah stok, pilihan warna, ukuran (panjang, lebar, tinggi, diameter).

Jalin komunikasi dengan pelanggan

Menjalin komunikasi dengan pelanggan sangat perlu dilakukan karena akan berpengaruh pada pembelian selanjutnya. Sekedar menyanyakan tentang kualitas barang yang sudah dibeli dan kedatangan barang yang dikirim akan menjadi masukan kita sebagai pemilik bisnis online untuk perbaikan kedepannya. Selain itu menjalin komunikasi juga perlu dilakukan untuk menarik perhatian konsumen sehingga kita terksesan menghargai konsumen dan bisa saja mereka menjadi pelanggan setia usaha kita.

Testimonial  

Ada istilah yang mengatakan bahwa tanpa screenshoot is HOAX. Pernyataan tanpa bukti adalah palsu dan tidak bisa dipercaya. Testimonial dapat berupa screenshoot komentar pelanggan terhadap kepuasannya berbelanja pada toko online kita. Testimonial dapat diberikan secara alami oleh pelanggan dapat juga diperoleh dengan cara kita sebagai pemilik bisnis meminta pendapat mereka setelah melakukan transaksi di bisnis online kita. Tertimonial alami artinya konsumen memberikan sendiri pendapat mereka tanpa diminta. Bukti testimonial juga dapat menggaet pelanggan lainnya karena testimonial merupakan bukti nyata dari konsumen terhadap kualitas produk dan layanan jasa yang telah berlangsung

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.