Home » , » Cara Berbisnis Online Dengan Sosial Media Instagram

Cara Berbisnis Online Dengan Sosial Media Instagram

Logo Instagram
Bisnis online adalah jenis bisnis yang saat ini banyak diminati oleh pelaku bisnis, baik yang baru memulai bisnis maupun bagi mereka yang sudah mempunyai bisnis offline yang mulai mengupgrade bisnisnya ke bisnis online.

Selain kemudahan dalam menjalankannya, sisi praktis dan biaya yang relatif murah dalam menjalankannya menjadi alasan mengapa bisnis online diminati oleh para pebisnis. Bisnis online itu sendiri memiliki berbagai macam jenisnya baik yang dijalankan melalui situs penyedia lapak online seperti bukalapak ataupun tokopedia, bisnis online juga dapat dijalankan melalui akun sosial media yang ada. Jadi selain dijadikan media untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabar, akun sosial media juga dimanfaatkan untuk mencari penghasilan.

Hampir semua jenis sosial media yang ada dapat dijadikan tool untuk berbisnis secara online. Sosial media yang dimaksud diantaranya facebook, twiter, google plus, BBM dan Instagram. Hanya dengan bermodalkan gagdet tablet ataupun samrtphone, bisnis melalui sosial media sudah dapat dijalankan. Dari sekian banyak sosial media yang dapat dijadikan alat untuk bisnis online, tetapi pada artikel kali ini akan fokus membahas kiat-kiat bagaimana cara berbisnis yang menghasilkan dengan menggunakan akun sosial media Instagram.


Berikut tips bisnis online dengan instagram.

Menentukan Jenis Bisnis
Langkah awal sekali yang perlu dilakukan dalam berbisnis melalui instagram adalah menentukan jenis bisnis. Menentukan jenis bisnis dalam hal ini adalah menentukan produk apa yang akan dijual melalui akun instagram nantinya. Misalnya akan menjual produk pakaian remaja  dengan kisaran usia antara anak SMP sampai SMA. Menentukan jenis bisnis ini perlu dilakukan agar bisa fokus dalam berjualan dan tidak bingung sendiri nantinya jika barang yang dijual adalah jenis barang yang gado-gado. Selain menghindari kebingunan, langkah ini juga berguna untuk menentkan target market nantinya atau pasaran seperti apa yang ingin dijadikan target penjualan.

Membuat akun instagram

Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual, maka langkah kedua yang wajib dibuat adalah membuka akun instagram. Saat mendaftar instagram pengguna tidak dikenakan biaya alias gratis.  Mendaftar di instagram dapat melalui komputer dan dapat juga melalui gadget baik tablet maupun smartphone. Untuk mendaftar melalui komputer terlebih dahulu harus mengunjungi situs resmi instagram di instagram.com, ataupun dapat juga langsung log in dengan akun facebook (jika sudah punya akun facebook).
Memalui smartphone atau tablet terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi instagram di playstore, saat mengunduh aplikasi ini pengguna juga tidak dikenakan biaya alias aplikasi ini adalah gratis.
Setelah selesai mengunduhnya, maka proses pendaftaran sudah bisa dilakukan. Setelah terdaftar lanjutkan dengan mengisi beberapa hal yang berkaitan dengan jenis produk yang akan dijual, jika pada langkah pertama jenis produk yang dijual adalah produk fashion remaja SMP sampai SMA, maka bisa saja akun instagram yang dibuat diberi nama Fashion Remaja.

Menentukan target market

Target market adalah sasaran pasar seperti apa yang akan dijadikan target penjualan dari produk yang dijual nantinya. Jika pada langkah pertama diatas disebutkan produk yang dijual adalah fashion remaja SMP sampai dengan SMA maka target marketnya adalah anak-anak yang berumur antara 13 samapai 18 tahun. Langkah berikutnya setelah tahu target marketnya siapa, proses mencari teman atau pengikut di instagram adalah hal mutlak dilakukan.

Didalam sosial media instagram ada dua hal yang sering dijumpai yaitu follower dan follow. Folower artinya pengikut sedangkan follow artinya akun lain yang diikuti. Dalam mengikuti melakukan follow, maka follow lah akun yang menunjang atau setidaknya sama dengan jenis akun yang dibuat tadinya seperti akun fashion remaja, akun pakaian remaja terbaru ataupun akun yang lainnya yang masih berkaitan dengan akun yang dibuat untuk berjualan. Untuk folower atau pengikut akun yang sudah dibuat, usahakan mencari folower dengan target market yang sudah ditentukan tadi. Caranya bisa dengan melakukan promosi  dari mulut ke mulut, Broadcasting di BBM, serta promosi melalui facebook.

Upload produk

Langkah selanjutnya adalah melakukan upload gambar produk yang hendak dijual. Foto yang diupload hendaknya dengan kualitas yang bagus serta enak untuk dioandang dan juga mempresentasikan barang aslinya, jangan sampai gambar berbeda dengan yang aslinya karena hal ini akan menurunkan kepercayaan pada diri konsumen. Selain gambar barang yang dipajang harus sesuai dengan aslinya, yang perlu diperhatikan juga adalah stok dari barang yang dipajang, jangan sampai menjual barang tetapi barangnya sendiri tidak ada ditempat, atau dengan istilah lain pajanglah gambar barang yang ready stok sehingga jika terjadi pemesanan barang sudah bisa dikemas dan dikirim.

Poin lain yang perlu diperhatikan adalah deskripsi dari gambar barang yang dipajang. Usahakan menjelaskan barang tersebut dengan sejelas jelasnya mulai dari ukuran (panjang, lebar, diameter), pilihan warna, jumlah stok, harga produk, biaya untuk ongkos kirim atau hal lainnya yang membuat produk yang dijual menjadi jelas.
Setelah menjelaskan deskripsi barang dianjurkan untuk memberikan tanda # (hastag), tujuan jika ada konsumen yang mencari produk sejenis dengan keyword hastag maka akun kita punya kemungkinan untuk tampil dan dilihat oleh konsumen, dan jika beruntung maka akun kita akan di follow oleh mereka.


Up to date

Barang yang dijual hendaknya harus sesuai dengan perkembangan jaman. Jangan menjual barang yang sudah jadul, mungkin saja masih ada yang mencari barang tersebut tetapi sangat kecil kemungkinannya. Selain barang yang dipajang harus terbaru, poin kesesuain juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh target market yang disasar adalah anak remaja SMP sampai SMA tetapi barang yang diuplad adalah baju ibu-ibu, sudah jelas barang yang dijual kecil kemungkinannya untuk bisa laku, jika laku pun hanya kebetulan saja ada anak remaja yang sedang mencari kado ulang tahun dan ingin memberikan baju untuk ibunya tetapi kan tidak mungkin ada orang yang pergi ke sungai untuk melihat hewan seperti burung merpati atau tidak mungkin orang yang mencari pakaian ibu-ibu carinya ke akun instagram yang jualan baju remaja.

Selain itu juga dalam mengunggah barang hendkanya dilakukan secara persisten dan terus menerus, sebagai contoh misalnya dalam satu hari ditargetkan mengupload 2 koleksi terbaru. Jangan sampai tidak ada produk terbaru dalam jangka waktu yang relatif lama karena hal ini akan memnyebabkan bahwa kaun instagram kita terlihat tidak aktif dan tidak serius dalam berjualan.

Testimoni

Testimoni dari pelanggan yang sudah membeli dan puas dengan produk dan layanan merupakan strategi promosi yang paling sering ditemui pada hampir semua jenis bisnis online yang ada serta terbukti menambah pelanggan datang. Testimoni berupa pendapat para konsumen terhadap produk dan layanan biasanya diupload oleh admin akun instagram setelah sebelumnya.
Testimoni juga hendaknya diunggah secara berkala dan persisten misalnya satu testimoni dalam satu hari. Untuk mendapatkan testimoni dari pembeli dapat dilakukan dengan meminta pendapat mereka dapat juga yang memberikan pendapatnya secara sukarela alias tanpa dimintapun sudah memberikan komentar yang baik.

Komunikasi

Sekedar menyapa dan mengucapakan terimakasih kepada konsumen yang sudah membeli produk kita terlihat sangat sederhana tetapi sangat berpengaruh terhadap penjualan berikutnya. Komunikasi daat berupa pertanyaan ringan tentang kepuasan mereka, barang yang dikirim sudah sampai atau belum dan bisa juga informasi tentang produk baru yang sedang trendi. Dengan melakukan komunikasi secara intens akan membuat konsumen merasa dihargai dengan cara ini kemungkinan mereka akan menajdi pelanggan setia bagi bisnis online anda.

Demikian tips bisnis online mengggunakan instagram, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

Powered by Blogger.